Pages

Banner 468 x 60px

 

Tuesday, March 14, 2017

Menambah kapasitas Hardisk pada Hyper-v :

0 comments
Hi guys, berikut cara gampang menambah space hardisk di Hyper-V :

1. Berikut tampilan hardisk pada virtual mesin Windows 7 dengan kapasitas awal 17 GB.
2. Untuk dapat menambahkan kapasitas hardisk, Shutdown Virtual mesin terlebih dahulu. Proses shutdown bisa dalam virtual mesin atau dari Hyper-V manager.
3. Kemudian pada Komputer Host buka Hyper-V manager, dari menu Start – Administrative Tools Plih Hyper-V Manager.
4. Pada Hyper-v Manager klik kanan pada virtual mesin yang di maksud kemudian pilih pilihan Settings…. 
5. Pada halaman Settings, pilih menu IDE Controller kemudian pilih hardisk yang di maksud kemudian klik tombol Edit. 
Kebetulan pada  di bawah hanya terdapat satu hardisk jika terdapat beberapa hardisk pada menu IDE Controller 0 atau IDE Controller 2 atau juga pada SCSI Controller akan ada beberapa Hard drive, pastikan Hard Drive yang akan di tambah kapsitasnya yang terpilih. 
6. Muncul halaman Edit Virtial Hard Disk Wizzard, pada Choose Action, karena kita ingin menambahkan kapasitas Hardisk maka pilih opsi Expand kemudian klik tombol Next.
7. Pada halaman Configure Disk di sini anda dapat menentukan besaran kapasitas hardisk yang baru. Pada contoh di bawah penulish mengisikan New size: 150 GB dari kapasitas sebelumnya Current size is 127 GB kemudian klik tombol Next, berarti di sini penulis menambahkan kapasitas hardisk sebesar 23 GB. 
8. Kemudian pada halaan Summary, klik tombol Finish. 
9. Sampai di sini proses penambahan Hardisk telah selesai, tetapi kapastias yang kita tambahkan belum bisa di gunakan oleh pengguna, kita perlu mengekspannya terlebih dahulu sebelum dapat di gunakan.
10. Buka Disk Management, dari menu Start klik kanan pada Computer kemudian pilih Manage.

11. Pada halaman Disk management, perhatikan pada Disk 0, 23 GB kapasitas hardisk yang di tambahkan tadi masih dalam status Unallocated, langkah selanjutnya yaitu mengekspand drive C agar menjadi 150 GB.
Selain mengekspan Drive C anda juga dapat membuat partisi baru pada kapasitas hardisk yang kita tambhakan tadi. 
12. Untuk mengekspan Drive C, klik kanan pada Drive C kemudian pilih Extend Volume….
13. Muncul halaman Welcome to the Extend Volume Wizzard kemudian klik tonbol Next.
14. Pada halaman Select Disks, secara default semua kapasitas hardisk yang kita tambahkan langsung di tambahkan semua, terlihat pada kolom Selected kemdudian klik tombol Next.
Jika anda ingin hanya sebagian kapasitas hard disk di tambahkan pada Drive C dan sisanya ingin di jadikan partisi baru, anda pat mengedit nilai paa Select the amount of space in MB lebih kecil, kemudian sisanya anda dapat jadikan partisi sendiri.
15. Muncul halaman Completing the Extend Volume Wizzard klik Finish.
16. Penambahan kapasitas hardisk telah selesai, klik kanan pada drive C kapasitas hardisk telah menjadi 150 GB dan sudah tidak terdapat lagi partisi unallocated. Selanjutnya pengguna dapat bekerja dengan kapasitas hardisk yang baru


Referensi : http://mymisfah.blogspot.co.id/2013/07/menambah-kapasitas-hardisk-pada-hyper-v.html

0 comments:

A financial dimension value is based on the LAND-00013 record and has been used on a transaction. You cannot delete the LAND-00013 record AX 2012

 A financial dimension value is based on the LAND-00013 record and has been used on a  transaction. You cannot delete the LAND-00013 record ...